HUBUNGAN
ANTARA PERSEPSI SISWA TERHADAP DUKUNGAN SOSIAL ORANGTUA DENGAN PRESTASI BELAJAR
SISWA SMA DI SURABAYA
Abstrak
Nuril
Hidayati Roudhotul Jannah
D97214095/PGMI
5C
Suryabrata (2007:233) menyatakan bahwa tingkat prestasi belajar
siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain faktor psikologis siswa dan
faktor lingkungan sosial siswa. Lee.dkk (1999:15) menyatakan bahwa siswa yang
merasa memperoleh dukungan sosial yang kuat cenderung belajar lebih giat.
Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan apakah ada
hubungan antara persepsi siswa terhadap dukungan sosial orangtua dengan
prestasi belajar siswa SMA di Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kuantitatif. Penelitian ini bertipe eksplanatori. Variabel bebas (X) yaitu
prestasi siswa terhadap dukungan sosial orang tuanya, dan variabel terikat (Y)
yaitu prestasi belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA kelas X
tahun ajaran 2012/2013 di Surabaya yang memeiliki IQ total C (rata-rata) dan
tinggal dengan kedua orangtuanya. Teknik sampling yang digunakan adalah random
sampling dengan total sample 205 siswa SMA. Dari 205 kuesioner yang disebar,
kembali kepeneliti dengan jumlah yang sama. Peneliti menggunakan kuisioner
sebagai alat pengumpul data, yang telah melewati uji validitas dan
reliabilitas. Peneliti menggunakan analisis korelasi speraman rank dengan
bantuan SPSS versi 20.000 for Windows.
Dari hasil analisa, diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,13
dan signifikan (2-tailed) sebesar 0,064 sehingga Ho diterima. Kesimpulan dari
penelitian ini adalah tidak ada hubungan antara persepsi siswa terhadap
dukungan sosial orangtua dengan prestasi belajar siswa SMA di Surabaya.
Kata kunci: dukungan sosial, persepsi, prestasi belajar
0 komentar:
Posting Komentar