Rabu, 05 Oktober 2016

Artikel

HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TERHADAP DUKUNGAN SOSIAL ORANGTUA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMA DI SURABAYA
Abstrak
Nuril Hidayati Roudhotul Jannah
D97214095/PGMI 5C
Suryabrata (2007:233) menyatakan bahwa tingkat prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain faktor psikologis siswa dan faktor lingkungan sosial siswa. Lee.dkk (1999:15) menyatakan bahwa siswa yang merasa memperoleh dukungan sosial yang kuat cenderung belajar lebih giat.
Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan apakah ada hubungan antara persepsi siswa terhadap dukungan sosial orangtua dengan prestasi belajar siswa SMA di Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini bertipe eksplanatori. Variabel bebas (X) yaitu prestasi siswa terhadap dukungan sosial orang tuanya, dan variabel terikat (Y) yaitu prestasi belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA kelas X tahun ajaran 2012/2013 di Surabaya yang memeiliki IQ total C (rata-rata) dan tinggal dengan kedua orangtuanya. Teknik sampling yang digunakan adalah random sampling dengan total sample 205 siswa SMA. Dari 205 kuesioner yang disebar, kembali kepeneliti dengan jumlah yang sama. Peneliti menggunakan kuisioner sebagai alat pengumpul data, yang telah melewati uji validitas dan reliabilitas. Peneliti menggunakan analisis korelasi speraman rank dengan bantuan SPSS versi 20.000 for Windows.
Dari hasil analisa, diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,13 dan signifikan (2-tailed) sebesar 0,064 sehingga Ho diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah tidak ada hubungan antara persepsi siswa terhadap dukungan sosial orangtua dengan prestasi belajar siswa SMA di Surabaya.

Kata kunci: dukungan sosial, persepsi, prestasi belajar  

0 komentar:

Posting Komentar