RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
NAMA SEKOLAH : _____________________
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : V/2
Standar Kompetensi : 5. Memahami instruksi sangat sederhana dengan
tindakan dalam konteks sekolah
Kompetensi Dasar : 5.1 Merespon instruksi sangat sederhana dengan
tindakan secara berterima dalam konteks sekolah
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran** : Siswa dapat merespon dengan
melakukan tindakan secara berterima
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Metode Pembelajaran : Siswa merespon dengan melakukan tindakan secara
berterima
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
- Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi
dan Motivasi
:
· Guru mengawali pelajaran dengan membahas
materi pokok dalam bab yang sedang dipelajari
· Guru dapat meminta siswa untuk menyebutkan
ujaran-ujaran yang biasa dipakai dalam situasi-situasi yang disajikan dalam
buku. Sebagai contoh, jika bab yang sedang dibahas mengangkat topik tentang
mendeskripsikan seseorang, guru bertanya pada siswa bagaimana cara mereka
mendeskripsikan seseorang dalam bahasa Inggris.
2. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa dapat Merespon instruksi sangat sederhana
dengan tindakan secara berterima dalam konteks sekolah
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Siswa
diminta mendengar apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dan
melakukan tindakan sesuai dengan perintah yang diberikan.
F
Sebagai
latihan awal, siswa dapat melakukan tindakan secara klasikal.
F
Untuk
latihan lanjutan, guru memanggil nama siswa secara acak dan meminta siswa untuk
melakukan instruksi yang
diberikan secara individual untuk mengetahui sejauh mana siswa telah memahami
instruksi tersebut.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Guru
meminta siswa satu per satu untuk memberikan instruksi dan meminta siswa yang
lain memperagakannya.
F
Guru meminta siswa untuk mengulang kembali di
rumah pelajaran yang telah diberikan di kelas.
Alat/Sumber Belajar:
- Buku teks Let’s Make Friends with English, Bambang Sugeng, jilid 5, Esis
- Gambar-gambar yang berkaitan dengan materi ajar
- Rekaman kaset/CD
- Buku-buku lain yang relevan
Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
Merespon
dengan melakukan tindakan secara
berterima
|
Unjuk kerja
|
Responding
|
Listen and
describe
Kaset/CD: (memberikan deskripsi beberapa orang)
Siswa: (menulis deskripsi orang yang didengar)
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang
Pengetahuan
* tidak
Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang
aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang
Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
& LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Bahasa Inggris
.................................. ..................................
NIP
: NIP
:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
NAMA SEKOLAH : _____________________
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : V/2
Standar Kompetensi : 5. Memahami instruksi sangat sederhana dengan
tindakan dalam konteks sekolah
Kompetensi Dasar : 5.2 Merespon instruksi sangat sederhana secara verbal
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran** : 1. Siswa dapat merespon dengan
mengulang apa yang didengar dari kaset/CD dengan suara lantang
2. Siswa dapat merespon dengan mengulang apa
yang didengar dari kaset/CD dengan pengucapan bahasa Inggris yang benar
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Metode Pembelajaran : 1. Siswa
bersama-sama mengulang dengan suara lantang apa yang didengar dari kaset/CD
2. Masing-masing
siswa mengulang dengan suara lantang apa yang didengar dari kaset/CD
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
- Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi
dan Motivasi
:
· Guru mengawali pelajaran dengan membahas
materi pokok dalam bab yang sedang dipelajari.
· Guru dapat meminta siswa untuk mengingat
kembali kosakata-kosakata yang berkaitan dengan materi pokok bab yang dibahas.
- Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa dapat Merespon instruksi sangat sederhana
secara verbal
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Siswa
diminta mendengar instruksi guru atau instruksi dari kaset/CD dan merespon
dengan mengulang apa yang mereka dengar secara klasikal.
F
Siswa
mengulang secara kelompok/individu.
F Guru memperhatikan pengucapan bahasa
Inggris siswa dan membetulkan jika ada pengucapan yang salah.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Guru
menunjuk siswa secara acak untuk merespon instruksi yang didengar dari kaset/CD
secara verbal.
F
Guru memberikan komentar dengan mengucapkan well done, good job, atau very good
pada siswa agar mereka termotivasi.
Alat/Sumber Belajar:
- Buku teks Let’s Make Friends with English, Bambang Sugeng, jilid 5, Esis
- Rekaman kaset/CD
- Buku-buku lain yang relevan
- Script percakapan
Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
§
Merespon
dengan mengulang apa yang didengar dari kaset/CD dengan suara lantang
§
Merespon
dengan mengulang apa yang didengar dari kaset/CD dengan pengucapan bahasa
Inggris yang benar
|
Unjuk kerja
|
Responding
|
Listen to the dialogues and repeat.
Rekaman kaset/CD: How many brothers
and sisters do you have?
Siswa: (mengulang)
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang
Pengetahuan
* tidak
Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang
aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang
Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
& LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Bahasa Inggris
.................................. ..................................
NIP
: NIP
:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
NAMA SEKOLAH : _____________________
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : V/2
Standar Kompetensi : 6. Mengungkapkan instruksi dan informasi
sangat sederhana dalam konteks sekolah
Kompetensi Dasar : 6.1 Bercakap-cakap
untuk menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur: memberi
contoh melakukan sesuatu, memberi aba-aba, dan memberi petunjuk
Alokasi Waktu : 4 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran** : 1. Siswa
dapat bercakap-cakap untuk memberi contoh melakukan sesuatu
2. Siswa
dapat bercakap-cakap untuk memberi aba-aba
3. Siswa
dapat bercakap-cakap untuk memberi petunjuk
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Metode Pembelajaran : 1. Siswa
melakukan tanya jawab yang berkaitan
dengan materi
2. Siswa
dan guru membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi
3. Siswa
melakukan latihan percakapan dalam bentuk dialog
4. Siswa
menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi
dan Motivasi
:
· Guru mengawali pelajaran dengan membahas
materi pokok dalam bab yang sedang dipelajari
· Guru dapat meminta siswa untuk menyebutkan
ujaran-ujaran yang biasa dipakai dalam situasi-situasi yang disajikan dalam
buku. Sebagai contoh, jika bab yang sedang dibahas mengangkat topik tentang feeling,
guru bertanya pada siswa bagaimana cara mereka mengungkapkan apa yang
sedang mereka rasakan dalam bahasa Inggris.
2.
Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa dapat Bercakap-cakap untuk menyertai
tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur: memberi contoh
melakukan sesuatu, memberi aba-aba, dan memberi petunjuk
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Guru
memberikan contoh dialog-dialog yang berkaitan dengan materi.
F
Siswa
melengkapi dialog-dialog yang masih kosong dalam buku teks.
F
Siswa
berlatih dialog-dialog tersebut dengan teman-temannya (latihan ini dapat
dilakukan secara berpasangan ataupun berkelompok).
F
Selama
siswa berlatih, guru
mengitari siswa dan mencatat kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh siswa.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Guru
memperbaiki kesalahan yang dilakukan siswa (kesalahan meliputi pengucapan,
penyebutan kosakata, dan tata bahasa yang pada saat itu menjadi fokus bahasan).
F
Guru
menilai hasil kerja siswa dalam melengkapi dialog.
F
Guru
meminta beberapa siswa maju ke depan kelas untuk mempraktikkan dialog yang baru
saja dilatih.
F
Guru
memberikan komentar dengan
mengucapkan well done, good job, atau very good pada siswa yang berani maju ke depan agar mereka
termotivasi.
Alat/Sumber Belajar:
- Buku teks Let’s Make Friends with English, Bambang Sugeng, jilid 5, Esis
- Script percakapan yang terdapat dalam buku teks dan buku guru
- Alat peraga yang berkaitan dengan materi ajar
- Buku-buku lain yang relevan
Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
Mengungkapkan
berbagai tindak tutur:
§
Memberi
contoh melakukan sesuatu
§
Memberi
aba-aba
§
Memberi
petunjuk
|
·
Unjuk
kerja
|
·
Performance
|
Act out the dialogues in front of
the class!
(siswa secara berpasangan atau
berkelompok mempraktikkan dialog-dialog yang sudah dipelajari)
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang
Pengetahuan
* tidak
Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang
aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang
Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
& LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Bahasa Inggris
.................................. ..................................
NIP
: NIP
:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
NAMA SEKOLAH : _____________________
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : V/2
Standar Kompetensi : 6. Mengungkapkan instruksi dan informasi
sangat sederhana dalam konteks kelas
Kompetensi Dasar : 6.2 Bercakap-cakap
untuk menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur: memberi
contoh melakukan sesuatu dan memberi aba-aba
Alokasi Waktu : 4 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran** : 1. Siswa
dapat bercakap-cakap untuk melakukan sesuatu
2. Siswa
dapat bercakap-cakap untuk memberi aba-aba
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Metode Pembelajaran : 1. Siswa
melakukan tanya jawab yang berkaitan dengan materi
2. Siswa
dan guru membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi
3. Siswa
melakukan latihan percakapan dalam bentuk dialog
4. Siswa
menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi
dan Motivasi
:
· Guru mengawali pelajaran dengan membahas
materi pokok dalam bab yang sedang dipelajari
· Guru dapat meminta siswa untuk menyebutkan
ujaran-ujaran yang biasa dipakai dalam situasi-situasi yang disajikan dalam
buku. Sebagai contoh, jika bab yang sedang dibahas mengangkat topik introduction, guru bertanya pada siswa
bagaimana cara mereka memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris.
2.
Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan
secara berterima yang melibatkan tindak tutur: memberi contoh melakukan sesuatu
dan memberi aba-aba
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Guru
memberikan contoh dialog-dialog yang berkaitan dengan materi.
F
Siswa
melengkapi dialog-dialog yang masih kosong dalam buku teks.
F
Siswa
berlatih dialog-dialog tersebut dengan teman-temannya (latihan ini dapat
dilakukan secara berpasangan ataupun berkelompok).
F
Selama
siswa berlatih, guru
mengitari siswa dan mencatat kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh siswa.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F Guru memperbaiki kesalahan yang dilakukan
siswa (kesalahan meliputi pengucapan, penyebutan kosakata, dan tata bahasa yang
pada saat itu menjadi fokus bahasan).
F Guru menilai hasil kerja siswa dalam
melengkapi dialog.
F Guru meminta beberapa siswa maju ke depan
kelas untuk mempraktikkan dialog yang baru saja dilatih.
F Guru memberikan komentar dengan mengucapkan well done, good job, atau
very good pada siswa yang berani maju
ke depan agar mereka termotivasi.
Alat/Sumber Belajar:
- Buku teks Let’s Make Friends with English, Bambang Sugeng, jilid 4, Esis
- Script percakapan yang terdapat dalam buku teks dan buku guru
- Alat peraga yang berkaitan dengan materi ajar
- Buku-buku lain yang relevan
Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
Mengungkapkan
berbagai tindak tutur:
§
Meminta
bantuan
§
Memberi
bantuan
§
Meminta
barang
§
Memberi
barang
|
Tes lisan
|
Pertanyaan
|
Answer the questions orally!
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang
Pengetahuan
* tidak
Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang
aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang
Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
& LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Bahasa Inggris
.................................. ..................................
NIP
: NIP
:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
NAMA SEKOLAH : _____________________
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : V/2
Standar Kompetensi : 6. Mengungkapkan instruksi dan informasi
sangat sederhana dalam konteks sekolah
Kompetensi Dasar : 6.3 Bercakap-cakap
untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur:
memberi informasi, memberi pendapat, dan meminta kejelasan
Alokasi Waktu : 4 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran** : 1. Siswa
dapat bercakap-cakap untuk memberi informasi
2. Siswa
dapat bercakap-cakap untuk memberi pendapat
3. Siswa dapat bercakap-cakap untuk
meminta kejelasan
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Metode Pembelajaran : 1. Siswa
melakukan tanya jawab yang berkaitan dengan materi
2. Siswa
dan guru membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi
3. Siswa
melakukan latihan percakapan dalam bentuk dialog
4. Siswa
menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
- Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi
dan Motivasi
:
· Guru mengawali pelajaran dengan membahas
materi pokok dalam bab yang sedang dipelajari
· Guru dapat meminta siswa untuk menyebutkan
ujaran-ujaran yang biasa dipakai dalam situasi-situasi yang disajikan dalam
buku. Sebagai contoh, jika bab yang sedang dibahas mengangkat topik meminta
kejelasan, guru bertanya pada siswa bagaimana cara mereka meminta kejelasan
dalam bahasa Inggris.
2.
Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat bercakap-cakap untuk meminta/memberi
informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur: memberi informasi,
memberi pendapat, dan meminta kejelasan
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Guru
memberikan contoh dialog-dialog yang berkaitan dengan materi.
F
Siswa
melengkapi dialog-dialog yang masih kosong dalam buku teks.
F
Siswa
berlatih dialog-dialog tersebut dengan teman-temannya (latihan ini dapat
dilakukan secara berpasangan ataupun berkelompok).
F
Selama
siswa berlatih, guru
mengitari siswa dan mencatat kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh siswa.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Guru
memperbaiki kesalahan yang dilakukan siswa (kesalahan meliputi pengucapan,
penyebutan kosakata, dan tata bahasa yang pada saat itu menjadi fokus bahasan).
F
Guru
menilai hasil kerja siswa dalam melengkapi dialog.
F
Guru
meminta beberapa siswa maju ke depan kelas untuk mempraktikkan dialog yang baru
saja dilatih.
F
Guru
memberikan komentar dengan
mengucapkan well done, good job, atau very good pada siswa yang berani maju ke depan agar mereka
termotivasi.
Alat/Sumber Belajar:
1. Buku teks Let’s
Make Friends with English, Bambang Sugeng, jilid 5, Esis
2. Script percakapan
yang terdapat dalam buku teks dan buku guru
3. Alat peraga
yang berkaitan dengan materi ajar
4. Buku-buku lain
yang relevan
Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
Mengungkapkan
berbagai tindak tutur:
§
Memberi
informasi
§
Memberi
pendapat
§
Meminta
kejelasan
|
Tes lisan
|
Performance
|
Act out the dialogues in front of the class!
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang
Pengetahuan
* tidak
Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang
aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang
Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
& LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Bahasa Inggris
.................................. ..................................
NIP
: NIP
:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
NAMA SEKOLAH : _____________________
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : V/2
Standar Kompetensi : 6. Mengungkapkan instruksi dan informasi
sangat sederhana dalam konteks sekolah
Kompetensi Dasar : 6.4 Mengungkapkan
kesantunan secara berterima yang melibatkan ungkapan: Do you mind… dan Shall
we…
Alokasi Waktu : 4 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran** : 1. Siswa
dapat mengucapkan ungkapan Do you mind... dengan santun
2. Siswa
dapat mengucapkan ungkapan Shall we.... dengan santun
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Metode Pembelajaran : 1. Siswa
melakukan tanya jawab yang berkaitan dengan materi
2. Siswa
meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan
3. Siswa
dan guru membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi
4. Siswa
melakukan latihan percakapan dalam bentuk dialog
5. Siswa
menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi
dan Motivasi
:
· Guru mengawali pelajaran dengan membahas
materi pokok dalam bab yang sedang dipelajari
· Guru dapat meminta siswa untuk menyebutkan
ujaran-ujaran yang biasa dipakai dalam situasi-situasi yang disajikan dalam
buku. Sebagai contoh, jika bab yang sedang dibahas mengangkat topik tentang
waktu, guru bertanya pada siswa bagaimana cara mereka menyebutkan waktu dalam
bahasa Inggris.
2. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa dapat Mengungkapkan kesantunan secara
berterima yang melibatkan ungkapan: Do you mind… dan Shall we…
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Guru
memberikan contoh dialog-dialog yang berkaitan dengan materi.
F
Siswa
melengkapi dialog-dialog yang masih kosong dalam buku teks.
F
Siswa
berlatih dialog-dialog tersebut dengan teman-temannya (latihan ini dapat
dilakukan secara berpasangan ataupun berkelompok).
F
Selama
siswa berlatih, guru
mengitari siswa dan mencatat kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh siswa.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Guru
memperbaiki kesalahan yang dilakukan siswa (kesalahan meliputi pengucapan,
penyebutan kosakata, dan tata bahasa yang pada saat itu menjadi fokus bahasan).
F
Guru
menilai hasil kerja siswa dalam melengkapi dialog.
F
Guru
meminta beberapa siswa maju ke depan kelas untuk mempraktikkan dialog yang baru
saja dilatih.
F
Guru
memberikan komentar dengan
mengucapkan well done, good job, atau very good pada siswa yang berani maju ke depan agar mereka termotivasi.
Alat/Sumber Belajar:
1. Buku teks Let’s
Make Friends with English, Bambang Sugeng, jilid 5, Esis
2. Script percakapan
yang terdapat dalam buku teks dan buku guru
3. Alat peraga
yang berkaitan dengan materi ajar
4. Buku-buku lain
yang relevan
Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
Mengungkapkan
kesantunan secara berterima yang melibatkan ungkapan:
§
Do you mind...
§
Shall we ...
|
Tes lisan
|
Performance
|
Act out the dialogues in front of the class!
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang
Pengetahuan
* tidak
Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang
aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang
Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
& LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Bahasa Inggris
.................................. ..................................
NIP
: NIP
:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
NAMA SEKOLAH : _____________________
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : V/2
Standar Kompetensi : 7. Memahami tulisan bahasa Inggris sangat
sederhana dalam konteks sekolah
Kompetensi Dasar : 7.1 Membaca nyaring dengan ucapan, tekanan, dan
intonasi secara tepat dan berterima yang melibatkan: kata, frasa, kalimat
sangat sederhana, dan teks sangat sederhana
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran** : 1. Siswa
dapat melafalkan kata, frasa, dan kalimat dengan baik dan benar
2. Siswa
dapat membaca kata, frasa, dan kalimat dengan tekanan dan intonasi yang benar
3. Siswa
dapat membaca nyaring dengan baik dan benar
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Metode Pembelajaran : 1. Siswa
mendengarkan dan merespon hal-hal yang perlu diperhatikan dalam kegiatan
membaca
nyaring: ucapan, tekanan, dan intonasi
2. Siswa
mendengarkan contoh membaca nyaring yang dilakukan guru
3. Siswa
menirukan membaca nyaring dengan intonasi dan jeda sesuai model
4.
Siswa membaca nyaring sendiri dengan lafal, intonasi, dan jeda yang baik dan
benar
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi
dan Motivasi
:
· Guru mengawali pelajaran dengan membahas
materi pokok dalam bab yang sedang dipelajari
· Guru dapat meminta siswa untuk menyebutkan
kosakata yang telah dipelajari yang berkaitan dengan topik bacaan.
2.
Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Guru
membaca teks secara lantang dengan pengucapan dan intonasi yang sesuai
sementara siswa mendengar.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Guru
membaca teks secara lantang untuk kedua kalinya dan kali ini meminta siswa
untuk menirukan membaca
nyaring dengan intonasi dan jeda sesuai dengan yang guru contohkan.
F
Masing-masing
siswa membaca nyaring sendiri dengan lafal, intonasi, dan jeda yang baik dan
benar (sementara siswa
melakukan kegiatan ini, guru mengitari siswa dan membetulkan apabila terdapat
siswa yang melakukan kesalahan dalam membaca).
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Guru
menunjuk siswa secara acak dan meminta siswa menyebutkan deskripsi temannya
masing-masing.
F
Guru meminta siswa untuk berlatih menyebutkan
deskripsi orang dalam bahasa Inggris sebagai latihan tambahan di rumah.
Alat/Sumber Belajar:
- Buku teks Let’s Make Friends with English, Bambang Sugeng, jilid 5, Esis
- Buku-buku lain yang relevan
- Alat peraga
Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
§
Melafalkan
kata, frasa, dan kalimat dengan baik dan benar
§
Membaca
kata, frasa, dan kalimat dengan tekanan dan intonasi yang benar
§
Membaca
nyaring dengan baik dan benar
|
§
Tes
unjuk kerja
§
Observasi
|
§
Uji
petik membaca nyaring
§
Lembar
observasi
|
Read the expressions aloud.
She has long legs.
He has an oval face.
You have wavy hair.
Read the text
loudly and carefully.
(teks pada halaman 85, buku Let’s Make
Friends with English dapat dijadikan contoh)
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang
Pengetahuan
* tidak
Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang
aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang
Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
& LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Bahasa Inggris
.................................. ..................................
NIP
: NIP
:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
NAMA SEKOLAH : _____________________
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : V/2
Standar Kompetensi : 7. Memahami tulisan bahasa Inggris sangat
sederhana dalam konteks sekolah
Kompetensi Dasar : 7.2 Memahami kalimat, pesan tertulis, dan teks
deskriptif bergambar sangat sederhana secara tepat dan berterima
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran** : 1. Siswa
dapat mengidentifikasi berbagai informasi dalam kalimat-kalimat sangat
sederhana
2. Siswa
dapat mengidentifikasi berbagai informasi dalam pesan tertulis sangat sederhana
3. Siswa
dapat mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks deskriptif bergambar
sangat sederhana
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Metode Pembelajaran : 1. Siswa
mengidentifikasi informasi dalam kalimat-kalimat sangat sederhana
2. Siswa
mengidentifikasi informasi yang terdapat dalam pesan tertulis
3. Siswa
mengidentifikasi informasi yang terdapat dalam teks deskriptif bergambar sangat
sederhana
4. Siswa
melakukan tanya jawab dengan guru mengenai bacaan yang sedang dibahas
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi
dan Motivasi
:
· Guru bertanya pada siswa mengenai hal yang
berkaitan dengan topik bacaan. Sebagai contoh: guru bertanya apakah siswa
mengetahui bagaimana cara mengungkapkan perasaan dalam bahasa Inggris ketika
akan membahas bacaan mengenai perasaaan (feeling).
· Guru mengajak siswa mengingat kembali
kosakata-kosakata yang berkaitan dengan topik bacaan.
2.
Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa
dapat memahami kalimat, pesan tertulis, dan teks deskriptif bergambar sangat
sederhana secara tepat dan berterima .
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Guru
membagi siswa dalam kelompok-kelompok yang terdiri dari tiga siswa dalam setiap
kelompoknya.
F
Siswa
membaca teks secara individual.
F
Setelah
selesai membaca, guru meminta siswa bersama-sama dengan teman satu kelompoknya
melengkapi informasi berdasarkan teks.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Guru
memeriksa hasil pekerjaan kelompok siswa dan membahasnya secara bersama-sama.
F
Guru
mengaitkan apa yang dibaca siswa dengan kehidupan nyata siswa, misalnya: guru
meminta siswa menceritakan jadwal kegiatan mereka di depan kelas.
Alat/Sumber Belajar:
- Buku teks Let’s Make Friends with English, Bambang Sugeng, jilid 5, Esis
- Buku-buku lain yang relevan
Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
§
Mengidentifikasi
berbagai informasi dalam kalimat-kalimat sangat sederhana
§
Mengidentifikasi
berbagai informasi dalam pesan tertulis sangat sederhana
§
Mengidentifikasi
teks deskriptif bergambar sangat sederhana
|
Tes unjuk
kerja
|
Tes
identifikasi informasi yang ada dalam kalimat-kalimat sangat sederhana dalam
teks
|
Read the text and put the words in the box into
the correct group according to the text.
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang
Pengetahuan
* tidak
Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang
aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang
Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Bahasa Inggris
.................................. ..................................
NIP
: NIP
:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
NAMA SEKOLAH : _____________________
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : V/2
Standar Kompetensi : 8. Mengeja dan menyalin kalimat sederhana dalam
konteks sekolah
Kompetensi Dasar : 8.1 Mengeja kalimat sangat sederhana secara
tepat dan berterima
Alokasi Waktu : 4 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran** : Siswa dapat mengeja kalimat bahasa
Inggris dengan ejaan yang benar
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Metode Pembelajaran : Siswa mengeja kalimat bahasa Inggris sangat sederhana
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi
dan Motivasi
:
· Guru bertanya pada siswa mengenai hal yang
berkaitan dengan topik bahasan. Sebagai contoh: guru bertanya ujaran-ujaran
yang siswa tahu ketika menyebutkan waktu dalam bahasa Inggris.
· Guru mengajak siswa mengingat kembali
ujaran-ujaran yang berkaitan dengan topik bahasan.
2. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa
dapat mengeja kalimat bahasa Inggris dengan ejaan yang benar
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Guru
meminta siswa mengerjakan latihan menyusun ulang kata-kata yang acak menjadi
kalimat yang baik.
F
Siswa
dapat melakukan kegiatan ini secara individual atau berpasangan.
F
Pada
saat siswa melakukan kegiatan ini, guru mengitari siswa dan melihat apakah
setiap siswa sudah menulis
kalimat dengan benar.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Guru
membahas hasil pekerjaan siswa bersama-sama.
F
Sebagai
latihan tambahan, guru dapat memanggil siswa secara acak dan meminta siswa
menulis ujaran-ujaran yang berkaitan dengan topik bahasan berdasarkan apa yang
guru ucapkan di papan tulis.
F
Guru
mengingatkan siswa kembali
mengenai kalimat yang benar yang berkaitan dengan ujaran yang dipelajari siswa.
Alat/Sumber Belajar:
- Buku teks Let’s Make Friends with English, Bambang Sugeng, jilid 5, Esis
- Buku-buku lain yang relevan
- Alat peraga yang berkaitan dengan materi ajar
Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
Mengeja
kalimat bahasa Inggris dengan ejaan yang benar
|
Tes tulis
|
Menyusun
kata-kata bahasa Inggris menjadi kalimat yang benar
|
Rearrange the words into good sentences.
(latihan
pada halaman 72, buku Let’s Make Friends with English dapat dijadikan contoh)
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang
Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang
aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang
Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
& LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Bahasa Inggris
.................................. ..................................
NIP
: NIP
:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
NAMA SEKOLAH : _____________________
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : V/2
Standar Kompetensi : 8. Mengeja dan menyalin kalimat sederhana dalam
konteks sekolah
Kompetensi Dasar : 8.2 Menyalin dan menulis kalimat sangat
sederhana secara tepat dan berterima seperti: ucapan selamat, ucapan terima
kasih, dan ucapan simpati
Alokasi Waktu : 4 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran** : Siswa dapat menyalin dan menulis
kalimat bahasa Inggris sangat sederhana dengan benar
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Metode Pembelajaran : Siswa menyalin dan menulis kalimat bahasa Inggris
sangat sederhana
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi
dan Motivasi
:
· Guru mengawali pelajaran dengan membahas
materi pokok dalam bab yang sedang dipelajari
· Guru dapat meminta siswa untuk menyebutkan
ujaran-ujaran yang biasa dipakai dalam situasi-situasi yang disajikan dalam
buku. Sebagai contoh, jika bab yang sedang dibahas mengangkat topik family, guru bertanya pada siswa
bagaimana cara mereka memperkenalkan keluaraga mereka dalam bahasa Inggris.
2.
Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa dapat menyalin dan menulis kalimat sangat
sederhana secara tepat dan berterima seperti: ucapan selamat, ucapan terima
kasih, dan ucapan simpati
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Guru
meminta siswa mengerjakan latihan menyalin dan menulis kalimat bahasa Inggris.
F
Siswa
dapat melakukan kegiatan ini secara individual atau berpasangan.
F
Pada
saat melakukan kegiatan ini, guru mengitari siswa dan melihat apakah siswa
sudah menulis dengan benar.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Guru membahas hasil pekerjaan siswa
bersama-sama.
F
Sebagai
latihan tambahan, guru dapat memanggil siswa secara acak dan meminta mereka
untuk menceritakan tentang keluaraga mereka di depan
kelas.
Alat/Sumber Belajar:
- Buku teks Let’s Make Friends with English, Bambang Sugeng, jilid 5, Esis
- Buku-buku lain yang relevan
- Alat peraga yang berkaitan dengan materi ajar
Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
Menyalin
dan menulis kalimat bahasa Inggris sangat sederhana dengan benar
|
Tes tulis
|
Menulis
kalimat sangat sederhana
|
Write the
correct expressions.
(latihan pada
halaman 82, buku Let’s Make Friends with English dapat dijadikan contoh)
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang
Pengetahuan
* tidak
Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang
aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang
Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
& LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Bahasa Inggris
.................................. ..................................
NIP
: NIP
:
0 komentar:
Posting Komentar