SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah :
_______________________
Kelas :
V (Lima)
Mata Pelajaran : BAHASA INGGRIS
Semester :
1 (Satu)
Standar Kompetensi : Mendengarkan
1.
Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam
konteks sekolah
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
1.1 Merespon instruksi sangat sederhana dengan
tindakan secara berterima dalam konteks kelas dan sekolah
|
Contoh:
Kaset/CD: It’s
ten o’clock.
Siswa: (melingkari gambar jam 10)
Kaset/CD: It’s
wedensday.
Siswa: (melingkari nama hari)
|
Siswa merespon dengan melakukan tindakan secara
berterima
|
Merespon dengan melakukan tindakan
secara berterima
|
Unjuk kerja
|
Responding
|
Listen and circle
the correct time.
Kaset/CD: It’s
half past three.
Siswa: (melingkari
gambar jam 3.30)
|
2 x 35 menit
|
· Rekaman kaset/CD
·
Buku teks
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
pokok/ Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
1.2 Merespon instruksi sangat sederhana secara
verbal
|
Contoh:
Kaset/CD: Listen
and repeat the dialogues.
Siswa: (mengulang dialog)
Kaset/CD: Listen
and answer orally.
Siswa: (menjawab secara lisan)
|
§ Siswa
bersama-sama mengulang dengan suara lantang apa yang didengar dari kaset/CD
§ Masing-masing siswa
mengulang dengan suara lantang apa yang didengar dari kaset/CD
§ Siswa bersama-sama
merespon apa yang didengar dari kaset/CD secara
lisan
|
§ Merespon dengan
mengulang apa yang didengar dari kaset/CD dengan suara lantang
§ Merespon dengan
mengulang apa yang didengar dari kaset/CD dengan pengucapan bahasa Inggris yang
benar
§ Merespon apa yang
diengar dari kaset/CD secara lisan
|
· Unjuk kerja
· Tes lisan
|
· Responding
· Merespon
dengan menjawab secara lisan
|
Listen to the dialogues and repeat.
(rekaman kaset/CD):
How many months are there in a week?
Siswa: (mengulang)
Listen and answer
orally.
(rekaman kaset/CD):
Tomorrow is Wednesday. What day was it yesterday?
Siswa: Monday
(menjawab secara lisan)
|
2 x 35 menit
|
· Rekaman
kaset/CD
· Buku teks
· Script percakap-an
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect
)
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah :
_______________________
Kelas :
V (Lima)
Mata Pelajaran : BAHASA INGGRIS
Semester :
1 (Satu)
Standar Kompetensi : Berbicara
2. Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana
dalam konteks sekolah
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/ Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
2.1 Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan
secara berterima yang melibatkan tindak tutur: memberi contoh melakukan
sesuatu, memberi aba-aba, dan memberi petunjuk
|
Contoh:
A: What time is it?
B: It is a quarter past ten.
A: Touch your leg.
B:Point to your ears.
|
§ Tanya jawab yang
berkaitan dengan materi
§ Meniru
pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan
§ Membahas kosakata dan
struktur percakapan sesuai materi
§ Latihan percakapan dalam
bentuk dialog
§ Menggunakan
ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata
|
Mengungkapkan berbagai tindak tutur:
§ Memberi contoh melakukan
sesuatu
§ Memberi aba-aba
§ Memberi petunjuk
|
· Tes lisan
· Unjuk kerja
|
· Pertanyaan
· Performance
|
· Answer the questions orally!
· Act out the dialogues in front of the class!
|
4 x 35 menit
|
· Script percakap-an
· Buku teks
· Alat peraga
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/ Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
2.2 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi
jasa/barang secara berterima yang melibatkan tindak tutur: meminta bantuan,
memberi bantuan, meminta barang, dan memberi barang
|
Contoh:
A: Can I help you?
B: Yes, I want cabbage, please.
(Lihat BUKU KLS 3 HLM. 42)
|
§ Tanya jawab yang
berkaitan dengan materi
§ Meniru
pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan
§ Membahas kosakata dan
struktur percakapan sesuai materi
§ Latihan percakapan dalam
bentuk dialog
§ Menggunakan ungkapan-ungkapan
percakapan sesuai materi dalam situasi nyata
|
Mengungkapkan berbagai tindak tutur:
§ Meminta bantuan
§ Memberi bantuan
§ Meminta barang
§ Memberi barang
|
Tes lisan
|
Pertanyaan
|
Answer the questions orally!
|
4 x 35 menit
|
· Script percakapan
· Buku teks berisi
percakapan
· Alat peraga
|
2.3 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi
informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur: mengenalkan diri,
mengajak, meminta ijin, memberi ijin, menyetujui, tidak menyetujui, dan
melarang
|
Contoh:
A: Duan is my brother. Alya is
my sister. Come and visti my family.
|
§ Tanya jawab yang
berkaitan dengan materi
§ Meniru
pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan
§ Membahas kosakata dan
struktur percakapan sesuai materi
§ Latihan percakapan dalam
bentuk dialog
§ Menggunakan
ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata
|
Mengungkapkan berbagai tindak tutur:
§ Mengenalkan diri
§ Mengajak
§ Meminta ijin
§ Memberi ijin
§ Menyetujui
§ Tidak menyetujui
§ Melarang
|
Tes lisan
|
Performance
|
Act out the dialogues in front
of the class!
|
4 x 35 menit
|
· Script percakapan
· Buku teks berisi
percakapan
· Alat peraga
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/ Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
2.4 Mengungkapkan kesantunan secara berterima
yang melibatkan ungkapan: Do you mind... dan Shall we...
|
Contoh:
A: Do you mind giving me some
food?
B:
Sure.
A: We cannot enter this door.
Shall we find another one?
B: Ok.
|
§ Tanya jawab yang
berkaitan dengan materi
§ Meniru
pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan
§ Membahas kosakata dan
struktur percakapan sesuai materi
§ Latihan percakapan dalam
bentuk dialog
§ Menggunakan
ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata
|
Mengungkapkan kesantunan secara berterima yang melibatkan ungkapan:
§ Do you mind...
§ Shall we ...
|
Tes lisan
|
Performance
|
Act out the dialogues in front
of the class!
|
4 x 35 menit
|
· Script percakapan
· Buku teks berisi percakapan
· Alat peraga
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect
)
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah :
_______________________
Kelas :
V (Lima)
Mata Pelajaran : BAHASA INGGRIS
Semester :
1 (Satu)
Standar Kompetensi : Membaca
3. Memahami tulisan bahasa Inggris dan teks deskriptif
bergambar sangat sederhana dalam konteks sekolah
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/ Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
3.1. Membaca nyaring dengan
ucapan, tekanan, dan intonasi secara tepat dan berterima yang melibatkan:
kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana
|
Ucapan, tekanan, dan intonasi kata, frasa, dan kalimat yang dipelajari
|
§ Mendengarkan dan
merespon hal-hal yang perlu diperhatikan dalam kegiatan membaca nyaring:
ucapan, tekanan, dan intonasi
§ Mendengarkan contoh membaca nyaring yang
dilakukan guru
§ Menirukan membaca
nyaring dengan intonasi dan jeda sesuai model
§ Membaca nyaring sendiri
dengan lafal, intonasi, dan jeda yang baik dan benar
|
§ Melafalkan kata, frasa,
dan kalimat dengan baik dan benar
§ Membaca kata, frasa, dan
kalimat dengan tekanan dan intonasi yang benar
§ Membaca nyaring dengan
baik dan benar
|
§ Tes unjuk kerja
§ Observasi
|
§ Uji petik membaca
nyaring
§ Lembar observasi
|
Read the time aloud.
Read all parts of the body
loudly and carefully.
|
2 x 35 menit
|
· Buku teks
· Alat peraga
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/ Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
3.2. Memahami kalimat, pesan
tertulis, dan teks dekriptif bergambar sangat sederhana secara tepat dan
berterima
|
· Kalimat-kalimat sangat
sederhana
· Pesan tertulis sangat
sederhana
· Teks deskriptif
bergambar sangat sederhana
|
§ Mengidentifikasi
informasi dalam kalimat-kalimat sangat sederhana
§ Mengidentifikasi
informasi yang terdapat dalam pesan tertulis sangat sederhana
§ Mengidentifikasi teks
deskriptif bergambar sangat sederhana
§ Tanya jawab yang terkait
dengan materi
|
§ Mengidentifikasi
berbagai informasi dalam kalimat-kalimat sangat sederhana
§ Mengidentifikasi
berbagai informasi dalam pesan tertulis sangat sederhana
§ Mengidentifikasi teks
deskriptif bergambar sangat sederhana
|
Tes unjuk kerja
|
Tes identifikasi informasi yang ada dalam kalimat-kalimat sangat
sederhana dalam teks
|
Read the text and fill in the
timetable according to the text.
|
2 x 35 menit
|
Buku teks
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect
)
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
|
Mengetahui,
Kepala SD ……………………
(_________________________)
NIP :
.........................................
|
………………,………………………
Guru Bahasa Inggris
(_________________________)
NIP :
.........................................
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah :
_______________________
Kelas :
V (Lima)
Mata Pelajaran : BAHASA INGGRIS
Semester :
1 (Satu)
Standar Kompetensi : Menulis
4. Mengeja dan menyalin kalimat sangat sederhana dalam
konteks kelas
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
4.1. Mengeja kalimat sangat
sederhana secara tepat dan berterima
|
Kalimat bahasa Inggris sangat sederhana
|
Mengeja kalimat bahasa Inggris sangat sederhana
|
Mengeja kalimat bahasa Inggris dengan ejaan yang benar
|
Tes tulis
|
Menyusun kata-kata bahasa Inggris menjadi kalimat yang benar
|
Rearrange the words into good
sentences.
|
4 x 35 menit
|
· Buku teks
· Alat peraga
|
4.2. Menyalin dan menulis
kalimat sangat sederhana secara tepat dan berterima seperti: ucapan selamat,
ucapan terima kasih, dan undangan
|
Kalimat bahasa Inggris sangat sederhana
|
Menyalin dan menulis kalimat bahasa Inggris sangat sederhana
|
Menyalin dan menulis kalimat bahasa Inggris sangat sederhana dengan benar
|
Tes tulis
|
Menulis kalimat sangat sederhana
|
Write your own family.
|
4 x 35 menit
|
· Buku teks
· Alat peraga
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect
)
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
|
Mengetahui,
Kepala SD ……………………
(_________________________)
NIP :
.........................................
|
………………,………………………
Guru Bahasa Inggris
(_________________________)
NIP :
.........................................
|
0 komentar:
Posting Komentar