RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
NAMA SEKOLAH : _____________________
Mata Pelajaran : Bahasa
Inggris
Kelas/Semester : V/1
Standar Kompetensi : 1. Memahami
instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks sekolah
Kompetensi Dasar : 1.1 Merespon
instruksi sangat sederhana dengan tindakan secara berterima dalam konteks kelas
dan sekolah
Alokasi Waktu : 2 x
35 menit
Tujuan Pembelajaran** : Siswa
dapat merespon dengan melakukan tindakan secara berterima
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Metode Pembelajaran : Siswa merespon
dengan melakukan tindakan secara berterima
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
- Kegiatan
Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
· Guru mengawali
pelajaran dengan membahas materi pokok dalam bab yang sedang dipelajari
· Guru dapat meminta
siswa untuk menyebutkan ujaran-ujaran yang biasa dipakai dalam situasi-situasi
yang disajikan dalam buku. Sebagai contoh, jika bab yang sedang dibahas
mengangkat topik menyebutkan waktu, guru bertanya pada siswa bagaimana cara
mereka menyebutkan waktu dalam bahasa Inggris.
2.
Kegiatan Inti
&
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa diminta membuka buku
pada halaman materi yang akan dipelajari.
F
Pada halaman tersebut, terdapat jam-jam yang harus
dipilih sesuai dengan waktu yang tepat.
& Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa diminta mendengarkan
kaset/CD dan memilih gambar jam yang tepat sesuai dengan apa yang didengar dari
kaset/CD.
F
Guru dapat memutar
kaset/CD dua kali agar siswa dapat lebih yakin dengan jawabannya.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F Guru membahas jawaban siswa
secara bersama-sama. Sebelumnya, guru dapat meminta siswa untuk membandingkan
jawabannya dengan teman yang duduk di sebelahnya.
F
Jawaban tidak hanya harus
benar, tetapi siswa juga harus dapat menulis dengan ejaan yang benar.
Alat/Sumber Belajar:
- Buku teks Let’s Make Friends with English, Bambang Sugeng, jilid 5, Esis
- Gambar-gambar
atau benda-benda yang berkaitan dengan materi ajar
- Rekaman
kaset/CD
- Buku-buku
lain yang relevan
Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
|||
Merespon
dengan melakukan tindakan secara
berterima
|
Unjuk
kerja
|
Responding
|
Listen and circle the correct time.
Kaset/CD: It’s half past three.
Siswa: (melingkari gambar jam 3.30)
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi
)
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
& LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Bahasa Inggris
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
NAMA SEKOLAH : _____________________
Mata Pelajaran : Bahasa
Inggris
Kelas/Semester : V/1
Standar Kompetensi : 1. Memahami
instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks sekolah
Kompetensi Dasar : 1.2 Merespon
instruksi sangat sederhana secara verbal
Alokasi Waktu : 2 x
35 menit
Tujuan Pembelajaran** : 1.
Siswa dapat mengulang apa yang
didengar dari kaset/CD dengan suara lantang
2. Siswa dapat mengulang apa yang didengar
dari kaset/CD dengan pengucapan bahasa Inggris yang benar
3. Siswa dapat merespon apa yang didengar
dari kaset/CD secara lisan
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Metode Pembelajaran : 1. Siswa bersama-sama mengulang dengan
suara lantang apa yang didengar dari kaset/CD
2. Masing-masing siswa mengulang dengan
suara lantang apa yang didengar dari kaset/CD
3.
Siswa bersama-sama merespon apa
yang didengar dari kaset/CD secara lisan
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
- Kegiatan
Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
· Guru mengawali
pelajaran dengan membahas materi pokok dalam bab yang sedang dipelajari.
· Guru dapat meminta
siswa untuk menyebutkan ujaran-ujaran yang biasa dipakai dalam situasi-situasi
yang disajikan dalam buku. Sebagai contoh, jika bab yang sedang dibahas
mengangkat topik menyebutkan nama-nama hari, guru bertanya pada siswa bagaimana
cara menyebutkan nama-nama hari dalam bahasa Inggris.
- Kegiatan
Inti
&
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa diminta mendengar instruksi guru atau instruksi
dari kaset/CD dan merespon dengan mengulang apa yang mereka dengar secara
klasikal.
& Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa mengulang secara
kelompok/individu.
F Siswa merespon apa yang
didengar dari kaset/CD secara lisan
F Guru memperhatikan pengucapan bahasa Inggris siswa
dan membetulkan jika ada pengucapan yang salah.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F Guru menunjuk siswa secara
acak untuk merespon instruksi yang didengar dari kaset/CD secara verbal.
F
Guru memberikan komentar dengan mengucapkan well done, good job, atau very
good pada siswa agar mereka
termotivasi.
Alat/Sumber Belajar:
- Buku teks Let’s Make Friends with English, Bambang Sugeng, jilid 5, Esis
- Rekaman
kaset/CD
- Buku-buku
lain yang relevan
- Script percakapan
Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
§
Merespon dengan mengulang apa yang didengar dari kaset/CD dengan suara
lantang
§
Merespon dengan mengulang apa yang didengar dari kaset/CD dengan
pengucapan bahasa Inggris yang benar
§
Merespon apa yang diengar dari kaset/CD secara lisan
|
·
Unjuk kerja
·
Tes lisan
|
·
Responding
·
Merespon dengan menjawab secara lisan
|
Listen to the dialogues and repeat.
(rekaman
kaset/CD): How many months are there in
a week?
Siswa: (mengulang)
Listen and answer orally.
(rekaman kaset/CD): Tomorrow is
Wednesday. What day was it yesterday?
Siswa: Monday (menjawab secara
lisan)
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi
)
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
& LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Bahasa Inggris
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
NAMA SEKOLAH : _____________________
Mata Pelajaran : Bahasa
Inggris
Kelas/Semester : V/1
Standar Kompetensi : 2. Mengungkapkan
instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks sekolah
Kompetensi Dasar : 2.1 Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan
secara berterima yang melibatkan tindak tutur: memberi contoh melakukan
sesuatu, memberi aba-aba, dan memberi petunjuk
Alokasi Waktu : 4 x
35 menit
Tujuan Pembelajaran** : 1.
Siswa dapat bercakap-cakap untuk
memberi contoh melakukan sesuatu
2. Siswa dapat bercakap-cakap untuk memberi
aba-aba
3. Siswa dapat bercakap-cakap untuk memberi
petunjuk
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Metode Pembelajaran : 1. Siswa melakukan tanya jawab yang
berkaitan dengan materi
2. Siswa meniru pertanyaan-pertanyaan dan
respon pertanyaan
3. Siswa dan guru membahas kosakata dan
struktur percakapan sesuai materi
4. Siswa melakukan latihan percakapan dalam
bentuk dialog
5. Siswa menggunakan ungkapan-ungkapan
percakapan sesuai materi dalam situasi nyata
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
- Kegiatan
Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
· Guru mengawali
pelajaran dengan membahas materi pokok dalam bab yang sedang dipelajari
· Guru dapat meminta
siswa untuk menyebutkan ujaran-ujaran yang biasa dipakai dalam situasi-situasi
yang disajikan dalam buku. Sebagai contoh, jika bab yang sedang dibahas
mengangkat topik tentang menyebutkan waktu, guru bertanya pada siswa bagaimana
cara mereka menyebutkan waktu dalam bahasa Inggris.
- Kegiatan
Inti
&
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat bercakap-cakap untuk memberi contoh
melakukan sesuatu
F Siswa dapat bercakap-cakap
untuk memberi aba-aba
F Siswa dapat bercakap-cakap untuk memberi petunjuk
& Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Guru memberikan contoh
dialog-dialog yang berkaitan dengan materi.
F Siswa melengkapi
dialog-dialog yang masih kosong dalam buku teks.
F Siswa berlatih dialog-dialog
tersebut dengan teman-temannya (latihan ini dapat dilakukan secara berpasangan
ataupun berkelompok).
F Selama siswa berlatih, guru
mengitari siswa dan mencatat kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh siswa..
& Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F Guru memperbaiki kesalahan
yang dilakukan siswa (kesalahan meliputi pengucapan, penyebutan kosakata, dan
tata bahasa yang pada saat itu menjadi fokus bahasan).
F Guru menilai hasil kerja siswa
dalam melengkapi dialog.
F Guru meminta beberapa siswa
maju ke depan kelas untuk mempraktikkan dialog yang baru saja dilatih.
F
Guru memberikan komentar dengan mengucapkan well done, good job, atau very
good pada siswa yang berani
maju ke depan agar mereka termotivasi.
Alat/Sumber Belajar:
- Buku teks Let’s Make Friends with English, Bambang Sugeng, jilid 5, Esis
- Script percakapan yang terdapat dalam buku teks dan buku guru
- Alat
peraga yang berkaitan dengan materi ajar
- Buku-buku
lain yang relevan
Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
Mengungkapkan
berbagai tindak tutur:
§
Memberi contoh melakukan sesuatu
§
Memberi aba-aba
§
Memberi petunjuk
|
·
Tes lisan
·
Unjuk kerja
|
·
Pertanyaan
·
Performance
|
Answer the questions orally!
What time is it?
What is the time?
Act out the dialogues in front of
the class!
A: Touch your leg.
B: Point to your ears.
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi
)
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
& LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Bahasa Inggris
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
NAMA SEKOLAH : _____________________
Mata Pelajaran : Bahasa
Inggris
Kelas/Semester : V/1
Standar Kompetensi : 2. Mengungkapkan
instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks sekolah
Kompetensi Dasar : 2.2 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi
jasa/barang secara berterima yang melibatkan tindak tutur: meminta bantuan,
meminta barang, dan memberi barang
Alokasi Waktu : 4 x
35 menit
Tujuan Pembelajaran** : 1.
Siswa dapat bercakap-cakap untuk
meminta bantuan
2. Siswa dapat bercakap-cakap untuk meminta
barang
3. Siswa dapat bercakap-cakap untuk memberi
barang
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Metode Pembelajaran : 1. Siswa melakukan tanya jawab yang
berkaitan dengan materi
2. Siswa meniru pertanyaan-pertanyaan dan
respon pertanyaan
3. Siswa dan guru membahas kosakata dan
struktur percakapan sesuai materi
4. Siswa melakukan latihan percakapan dalam
bentuk dialog
5. Siswa menggunakan ungkapan-ungkapan
percakapan sesuai materi dalam situasi nyata
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
- Kegiatan
Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
· Guru mengawali
pelajaran dengan membahas materi pokok dalam bab yang sedang dipelajari
· Guru dapat meminta
siswa untuk menyebutkan ujaran-ujaran yang biasa dipakai dalam situasi-situasi
yang disajikan dalam buku. Sebagai contoh, jika bab yang sedang dibahas
mengangkat topik tentang waktu, guru bertanya pada siswa bagaimana cara mereka
menyebutkan waktu dalam bahasa Inggris.
- Kegiatan
Inti
&
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat bercakap-cakap untuk meminta bantuan
F Siswa dapat bercakap-cakap
untuk meminta barang
F
Siswa dapat
bercakap-cakap untuk memberi barang
& Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Guru memberikan contoh
dialog-dialog yang berkaitan dengan materi.
F Siswa melengkapi
dialog-dialog yang masih kosong dalam buku teks.
F Siswa berlatih dialog-dialog
tersebut dengan teman-temannya (latihan ini dapat dilakukan secara berpasangan
ataupun berkelompok).
F Selama siswa berlatih, guru
mengitari siswa dan mencatat kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh siswa.
& Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F Guru memperbaiki
kesalahan yang dilakukan siswa (kesalahan meliputi pengucapan, penyebutan kosakata, dan tata bahasa yang pada
saat itu menjadi fokus bahasan).
F Guru menilai hasil kerja
siswa dalam melengkapi dialog.
F Guru meminta beberapa siswa
maju ke depan kelas untuk mempraktikkan dialog yang baru saja dilatih.
F
Guru memberikan komentar
dengan mengucapkan well done, good job, atau very good pada siswa yang berani maju ke depan agar mereka
termotivasi.
Alat/Sumber Belajar:
- Buku teks Let’s Make Friends with English, Bambang Sugeng, jilid 5, Esis
- Script percakapan yang terdapat dalam buku teks dan buku guru
- Alat
peraga yang berkaitan dengan materi ajar
- Buku-buku
lain yang relevan
Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
Mengungkapkan
berbagai tindak tutur:
§
Meminta bantuan
§
Memberi bantuan
§
Meminta barang
§
Memberi barang
|
Tes lisan
|
Pertanyaan
|
Answer the questions orally.
(siswa menjawab
pertanyaan-pertanyaan yang diberikan oleh guru mengenai materi yang sudah
dipelajari)
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi
)
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
& LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Bahasa Inggris
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
NAMA SEKOLAH : _____________________
Mata Pelajaran : Bahasa
Inggris
Kelas/Semester : V/1
Standar Kompetensi : 2. Mengungkapkan
instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks sekolah
Kompetensi Dasar : 2.3 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi
informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur: mengenalkan diri,
mengajak, meminta ijin, memberi ijn, menyetujui, tidak menyetujui, dan melarang
Alokasi Waktu : 4 x
35 menit
Tujuan Pembelajaran** : 1.
Siswa dapat bercakap-cakap untuk
mengenalkan diri
2. Siswa dapat bercakap-cakap untuk
mengajak
3. Siswa dapat bercakap-cakap untuk meminta
ijin
4. Siswa dapat bercakap-cakap untuk memberi
ijin
5. Siswa dapat bercakap-cakap untuk
menyetujui
6. Siswa dapat bercakap-cakap untuk tidak
menyetujui
7. Siswa dapat bercakap-cakap untuk
melarang
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Metode Pembelajaran : 1. Siswa melakukan tanya jawab yang
berkaitan dengan materi
2. Siswa meniru pertanyaan-pertanyaan dan
respon pertanyaan
3. Siswa dan guru membahas kosakata dan
struktur percakapan sesuai materi
4. Siswa melakukan latihan percakapan dalam
bentuk dialog
5. Siswa menggunakan ungkapan-ungkapan
percakapan sesuai materi dalam situasi nyata
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
- Kegiatan
Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
· Guru mengawali
pelajaran dengan membahas materi pokok dalam bab yang sedang dipelajari
· Guru dapat meminta
siswa untuk menyebutkan ujaran-ujaran yang biasa dipakai dalam situasi-situasi
yang disajikan dalam buku. Sebagai contoh, jika bab yang sedang dibahas
mengangkat topik waktu, guru bertanya pada siswa bagaimana cara menyebutkan waktu dalam bahasa Inggris.
- Kegiatan
Inti
&
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa dapat Bercakap-cakap untuk meminta/memberi
informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur: mengenalkan diri,
mengajak, meminta ijin, memberi ijn, menyetujui, tidak menyetujui, dan melarang
& Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Guru memberikan contoh
dialog-dialog yang berkaitan dengan materi.
F Siswa melengkapi
dialog-dialog yang masih kosong dalam buku teks.
F Siswa berlatih dialog-dialog
tersebut dengan teman-temannya (latihan ini dapat dilakukan secara berpasangan
ataupun berkelompok).
F Selama siswa berlatih, guru
mengitari siswa dan mencatat kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh siswa.
& Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal
yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F Guru memperbaiki kesalahan
yang dilakukan siswa (kesalahan meliputi pengucapan, penyebutan kosakata, dan
tata bahasa yang pada saat itu menjadi fokus bahasan).
F Guru menilai hasil kerja
siswa dalam melengkapi dialog.
F Guru meminta beberapa siswa
maju ke depan kelas untuk mempraktikkan dialog yang baru saja dilatih.
F
Guru memberikan komentar
dengan mengucapkan well done, good job, atau very good pada siswa yang berani maju ke depan agar mereka
termotivasi.
Alat/Sumber
Belajar:
1. Buku teks Let’s Make Friends with English, Bambang Sugeng, jilid 5, Esis
2. Script
percakapan yang terdapat dalam buku teks dan buku guru
3. Alat peraga
yang berkaitan dengan materi ajar
4. Buku-buku
lain yang relevan
Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
Mengungkapkan
berbagai tindak tutur:
§
Mengenalkan diri
§
Mengajak
§
Meminta ijin
§
Memberi ijin
§
Menyetujui
§
Tidak menyetujui
§
Melarang
|
Tes lisan
|
Performance
|
Act out the dialogues in front of the class!
(siswa secara berpasangan atau berkelompok mempraktikkan
dialog-dialog yang sudah dipelajari)
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi
)
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
& LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Bahasa Inggris
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
NAMA SEKOLAH : _____________________
Mata Pelajaran : Bahasa
Inggris
Kelas/Semester : V/1
Standar Kompetensi : 2. Mengungkapkan instruksi dan informasi
sangat sederhana dalam konteks sekolah
Kompetensi Dasar : 2.4 Mengungkapkan
kesantunan secara berterima yang melibatkan ungkapan: Do you mind… dan Shall
we…
Alokasi Waktu : 4 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran** : 1. Siswa
dapat mengucapkan ungkapan Do you mind... dengan santun
2. Siswa
dapat mengucapkan ungkapan Shall we.... dengan santun
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Metode Pembelajaran : 1. Siswa
melakukan tanya jawab yang berkaitan dengan materi
2. Siswa
meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan
3. Siswa
dan guru membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi
4. Siswa
melakukan latihan percakapan dalam bentuk dialog
5. Siswa
menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
- Kegiatan
Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
· Guru mengawali
pelajaran dengan membahas materi pokok dalam bab yang sedang dipelajari
· Guru dapat meminta
siswa untuk menyebutkan ujaran-ujaran yang biasa dipakai dalam situasi-situasi
yang disajikan dalam buku. Sebagai contoh, jika bab yang sedang dibahas
mengangkat topik tentang waktu, guru bertanya pada siswa bagaimana cara mereka
menyebutkan waktu dalam bahasa Inggris.
2. Kegiatan Inti
&
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat
Mengungkapkan kesantunan secara berterima yang melibatkan ungkapan: Do you
mind… dan Shall we…
& Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Guru memberikan contoh
dialog-dialog yang berkaitan dengan materi.
F Siswa melengkapi dialog-dialog
yang masih kosong dalam buku teks.
F Siswa berlatih dialog-dialog
tersebut dengan teman-temannya (latihan ini dapat dilakukan secara berpasangan
ataupun berkelompok).
F Selama siswa berlatih, guru
mengitari siswa dan mencatat kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh siswa.
& Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F Guru memperbaiki kesalahan
yang dilakukan siswa (kesalahan meliputi pengucapan, penyebutan kosakata, dan
tata bahasa yang pada saat itu menjadi fokus bahasan).
F Guru menilai hasil kerja
siswa dalam melengkapi dialog.
F Guru meminta beberapa siswa
maju ke depan kelas untuk mempraktikkan dialog yang baru saja dilatih.
F
Guru memberikan komentar dengan mengucapkan well done, good job, atau very
good pada siswa yang berani
maju ke depan agar mereka termotivasi.
Alat/Sumber
Belajar:
1. Buku teks Let’s Make Friends with English, Bambang Sugeng, jilid 5, Esis
2. Script
percakapan yang terdapat dalam buku teks dan buku guru
3. Alat peraga
yang berkaitan dengan materi ajar
4. Buku-buku
lain yang relevan
Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
Mengungkapkan
kesantunan secara berterima yang melibatkan ungkapan:
§
Do you mind...
§
Shall we ...
|
Tes lisan
|
Performance
|
Act out the dialogues in front of
the class!
(siswa secara berpasangan atau berkelompok
mempraktikkan dialog-dialog yang sudah dipelajari)
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi
)
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
& LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Bahasa Inggris
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
NAMA SEKOLAH : _____________________
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : V/1
Standar Kompetensi : 3. Memahami tulisan bahasa Inggris dan teks
deskriptif bergambar sangat sederhana dalam konteks sekolah
Kompetensi Dasar : 3.1 Membaca nyaring dengan ucapan, tekanan, dan
intonasi secara tepat dan berterima yang melibatkan: kata, frasa, dan kalimat
sangat sederhana
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran** : 1. Siswa
dapat melafalkan kata, frasa, dan kalimat dengan baik dan benar
2. Siswa
dapat membaca kata, frasa, dan kalimat dengan tekanan dan intonasi yang benar
3. Siswa
dapat membaca nyaring dengan baik dan benar
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Metode Pembelajaran : 1. Siswa
mendengarkan dan merespon hal-hal yang perlu diperhatikan dalam kegiatan
membaca
nyaring: ucapan, tekanan, dan intonasi
2. Siswa
mendengarkan contoh membaca nyaring yang dilakukan guru
3. Siswa
menirukan membaca nyaring dengan intonasi dan jeda sesuai model
4. Siswa
membaca nyaring sendiri dengan lafal, intonasi, dan jeda yang baik dan benar
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
- Kegiatan
Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
· Guru mengawali
pelajaran dengan membahas materi pokok dalam bab yang sedang dipelajari
· Guru dapat meminta
siswa untuk menyebutkan kosakata yang telah dipelajari yang berkaitan dengan
topik bacaan.
- Kegiatan
Inti
&
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Guru membaca teks secara
lantang dengan pengucapan dan intonasi yang sesuai sementara siswa mendengar.
& Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Guru membaca teks secara
lantang untuk kedua kalinya dan kali ini meminta siswa untuk menirukan membaca
nyaring dengan intonasi dan jeda sesuai dengan yang guru contohkan.
F
Masing-masing siswa
membaca nyaring sendiri dengan lafal, intonasi, dan jeda yang baik dan benar
(sementara siswa melakukan kegiatan ini, guru mengitari siswa dan membetulkan
apabila terdapat siswa yang melakukan kesalahan dalam membaca).
F
Guru meminta siswa
mengeja namanya masing-masing.
& Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F Guru menunjuk siswa
secara acak dan meminta siswa menyebutkan waktu dan bagian tubuh dalam bahasa Inggris.
F
Guru meminta siswa untuk berlatih menyebutkan waktu dan bagian tubuh dalam
bahasa Inggris sebagai
latihan tambahan di rumah.
Alat/Sumber Belajar:
- Buku teks Let’s Make Friends with English, Bambang Sugeng, jilid 5, Esis
- Buku-buku lain yang relevan
- Alat peraga
Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
§
Melafalkan kata, frasa, dan kalimat dengan baik dan benar
§
Membaca kata, frasa, dan kalimat dengan tekanan dan intonasi yang benar
§
Membaca nyaring dengan baik dan benar
|
§
Tes unjuk kerja
§
Observasi
|
§
Uji petik membaca nyaring
§
Lembar observasi
|
Read the time aloud.
It is a quarter past four.
It is half past six.
It is five to ten.
Read all parts of the body loudly
and carefully.
Ears
Mouth
Neck
etc.
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi
)
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
& LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Bahasa Inggris
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
NAMA SEKOLAH : _____________________
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : V/1
Standar Kompetensi : 3. Memahami tulisan bahasa Inggris dan teks
deskriptif bergambar sangat sederhana dalam konteks sekolah
Kompetensi Dasar : 3.2 Memahami kalimat, pesan tertulis, dan teks
deskriptif bergambar sangat sederhana secara tepat dan berterima
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran** : 1. Siswa
dapat mengidentifikasi berbagai informasi dalam kalimat-kalimat sangat
sederhana
2. Siswa
dapat mengidentifikasi berbagai informasi dalam pesan tertulis sangat sederhana
3. Siswa
dapat mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks deskriptif bergambar
sangat sederhana
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Metode Pembelajaran : 1. Siswa
mengidentifikasi informasi dalam kalimat-kalimat sangat sederhana
2. Siswa
mengidentifikasi informasi yang terdapat dalam pesan tertulis
3. Siswa
mengidentifikasi informasi yang terdapat dalam teks deskriptif bergambar sangat
sederhana
4. Siswa
melakukan tanya jawab dengan guru mengenai bacaan yang sedang dibahas
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
- Kegiatan
Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
· Guru bertanya pada
siswa mengenai hal yang berkaitan dengan topik bacaan. Sebagai contoh: guru
bertanya apakah siswa memiliki jadwal kegiatan sehari-hari ketika akan membahas
bacaan mengenai anak yang menceritakan jadwal kegiatannya sehari-hari.
· Guru mengajak siswa
mengingat kembali kosakata-kosakata yang berkaitan dengan topik bacaan.
- Kegiatan
Inti
&
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Memahami
kalimat, pesan tertulis, dan teks deskriptif bergambar sangat sederhana secara
tepat dan berterima
& Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Guru membagi siswa dalam
kelompok-kelompok yang terdiri dari tiga siswa dalam setiap kelompoknya.
F Siswa membaca teks secara
individual.
F
Setelah selesai membaca, guru meminta siswa bersama-sama dengan teman satu
kelompoknya melengkapi
informasi berdasarkan teks.
& Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F Guru memeriksa hasil
pekerjaan kelompok siswa dan membahasnya secara bersama-sama.
F
Guru mengaitkan apa yang
dibaca siswa dengan kehidupan nyata siswa, misalnya: guru meminta siswa
menceritakan jadwal kegiatan mereka di depan kelas.
Alat/Sumber Belajar:
- Buku teks Let’s Make Friends with English, Bambang Sugeng, jilid 5, Esis
- Buku-buku lain yang relevan
Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
§
Mengidentifikasi berbagai informasi dalam kalimat-kalimat sangat
sederhana
§
Mengidentifikasi berbagai informasi dalam pesan tertulis sangat sederhana
§
Mengidentifikasi teks deskriptif bergambar sangat sederhana
|
Tes unjuk kerja
|
Tes identifikasi
informasi yang ada dalam kalimat-kalimat sangat sederhana dalam teks
|
Read the text and fill in the
timetable according to the text.
(teks pada halaman 27, buku Let’s Make
Friends with English kelas 5 dapat dijadikan contoh)
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi
)
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
& LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Bahasa Inggris
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
NAMA SEKOLAH : _____________________
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : V/1
Standar Kompetensi : 4. Mengeja dan menyalin kalimat sangat
sederhana dalam konteks kelas
Kompetensi Dasar : 4.1 Mengeja kalimat sangat sederhana secara
tepat dan berterima kasih
Alokasi Waktu : 4 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran** : Siswa dapat mengeja kalimat bahasa
Inggris dengan ejaan yang benar
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Metode Pembelajaran : Siswa mengeja ujaran bahasa Inggris sangat sederhana
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
- Kegiatan
Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
· Guru bertanya pada
siswa mengenai hal yang berkaitan dengan topik bahasan. Sebagai contoh: guru
bertanya ujaran-ujaran yang siswa tahu ketika menyebutkan waktu dalam bahasa
Inggris.
· Guru mengajak siswa
mengingat kembali ujaran-ujaran yang berkaitan dengan topik bahasan.
2.
Kegiatan Inti
&
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Mengeja kalimat sangat sederhana secara
tepat dan berterima kasih
& Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Guru meminta siswa
mengerjakan latihan menyusun ulang kata-kata yang acak menjadi kalimat yang
baik.
F Siswa dapat melakukan
kegiatan ini secara individual atau berpasangan.
F
Pada saat siswa melakukan
kegiatan ini, guru mengitari siswa dan melihat apakah setiap siswa sudah
menulis kalimat dengan benar.
& Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F Guru membahas hasil pekerjaan siswa bersama-sama.
F Sebagai latihan tambahan,
guru dapat memanggil siswa secara acak dan meminta siswa menulis ujaran-ujaran
yang berkaitan dengan topik bahasan berdasarkan apa yang guru ucapkan di papan
tulis.
F
Guru mengingatkan siswa
kembali mengenai kalimat yang benar yang berkaitan dengan ujaran yang
dipelajari siswa.
Alat/Sumber Belajar:
- Buku teks Let’s Make Friends with English, Bambang Sugeng, jilid 5, Esis
- Buku-buku lain yang relevan
- Alat
peraga yang berkaitan dengan materi ajar
Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
Mengeja kalimat
bahasa Inggris dengan ejaan yang benar
|
Tes tulis
|
Menyusun kata-kata
bahasa Inggris menjadi kalimat yang benar
|
Rearrange the words into good
sentences.
(latihan pada halaman 11, buku Let’s Make
Friends with English dapat dijadikan contoh)
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi
)
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
& LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Bahasa Inggris
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
NAMA SEKOLAH : _____________________
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : V/1
Standar Kompetensi : 4. Mengeja dan menyalin kalimat sangat
sederhana dalam konteks kelas
Kompetensi Dasar : 4.2 Menyalin dan menulis kalimat sangat
sederhana secara tepat dan berterima seperti: ucapan selamat, ucapan terima
kasih, dan undangan
Alokasi Waktu : 4 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran** : Siswa dapat menyalin dan menulis
kalimat bahasa Inggris sangat sederhana dengan benar
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Metode Pembelajaran : Siswa menyalin dan menulis kalimat bahasa Inggris
sangat sederhana
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
- Kegiatan
Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
· Guru mengawali
pelajaran dengan membahas materi pokok dalam bab yang sedang dipelajari
· Guru dapat meminta
siswa untuk menyebutkan ujaran-ujaran yang biasa dipakai dalam situasi-situasi
yang disajikan dalam buku. Sebagai contoh, jika bab yang sedang dibahas
mengangkat topik family, guru
bertanya pada siswa bagaimana cara mereka memperkenalkan keluaraga mereka dalam
bahasa Inggris.
- Kegiatan
Inti
&
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Menyalin dan menulis kalimat sangat
sederhana secara tepat dan berterima seperti: ucapan selamat, ucapan terima
kasih, dan undangan
& Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Guru meminta siswa mengerjakan
latihan menyalin dan menulis kalimat bahasa Inggris.
F Siswa dapat melakukan
kegiatan ini secara individual atau berpasangan.
F
Pada saat melakukan kegiatan ini, guru mengitari siswa dan melihat apakah
siswa sudah menulis dengan
benar.
& Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F Guru membahas hasil pekerjaan
siswa bersama-sama.
F
Sebagai latihan tambahan,
guru dapat memanggil siswa secara acak dan meminta mereka untuk menceritakan
tentang keluaraga mereka di depan kelas.
Alat/Sumber Belajar:
- Buku teks Let’s Make Friends with English, Bambang Sugeng, jilid 5, Esis
- Buku-buku lain yang relevan
- Alat
peraga yang berkaitan dengan materi ajar
Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
Menyalin dan
menulis kalimat bahasa Inggris sangat sederhana dengan benar
|
Tes tulis
|
Menulis kalimat
sangat sederhana
|
Write your own family.
(siswa menulis kalimat-kalimat sederhana tentang
keluarga mereka)
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi
)
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
& LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Bahasa Inggris
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
0 komentar:
Posting Komentar