
SILABUS PEMBELAJARAN

Sekolah :
_______________________
Kelas :
V (Lima)
Mata Pelajaran :
BAHASA INGGRIS
Semester :
2 (Dua)
Standar Kompetensi : Mendengarkan
5. Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks
sekolah
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
5.1 Merespon instruksi sangat
sederhana dengan tindakan secara berterima dalam konteks sekolah
|
Contoh:
Kaset/CD: Listen and
describe.
Siswa:
(menulis deskripsi orang yang didengar)
Kaset/CD: Listen and complete.
Siswa: (melengkapi sebuah family tree)
|
Siswa merespon dengan melakukan tindakan secara berterima
|
Merespon
dengan melakukan tindakan secara
berterima
|
Unjuk kerja
|
Responding
|
Listen and describe.
Kaset/CD: (memberikan deskripsi beberapa orang)
Siswa: (menulis deskripsi orang yang
didengar)
|
2 x 35 menit
|
· Rekaman
kaset/CD
· Buku teks
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
5.2 Merespon instruksi sangat sederhana secara verbal
|
Contoh:
Kaset/CD: Listen and repeat the
dialogues.
Siswa: (mengulang dialog)
|
§ Siswa bersama-sama mengulang dengan suara lantang apa yang didengar dari kaset/CD
§ Masing-masing
siswa mengulang dengan suara lantang apa yang
didengar dari kaset/CD
|
§ Merespon
dengan mengulang apa yang didengar dari kaset/CD dengan suara lantang
§ Merespon
dengan mengulang apa yang didengar dari kaset/CD dengan pengucapan bahasa
Inggris yang benar
|
Unjuk kerja
|
Responding
|
Listen to the dialogues and repeat.
(rekaman kaset/CD): How many
brothers and sisters do you have?
Siswa: (mengulang)
|
2 x 35 menit
|
·
Rekaman kaset/CD
·
Buku teks
·
Script
percakap-an
|
v Karakter siswa yang diharapkan
: Dapat dipercaya (
Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect
)
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
|
Mengetahui,
Kepala SD ……………………
(_________________________)
NIP :
.........................................
|
|
………………,………………………
Guru Bahasa Inggris
(_________________________)
NIP : .........................................
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah :
_______________________
Kelas :
V (Lima)
Mata Pelajaran :
BAHASA INGGRIS
Semester :
2 (Dua)
Standar Kompetensi : Berbicara
6. Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks
sekolah
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
6.1 Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan secara
berterima yang melibatkan tindak tutur: memberi contoh melakukan sesuatu,
memberi aba-aba, dan memberi petunjuk
|
Contoh:
A: You can park here.
B: Don’t smokde here.
|
§ Tanya jawab
yang berkaitan dengan materi
§ Meniru
pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan
§ Membahas
kosakata dan struktur percakapan sesuai materi
§ Latihan
percakapan dalam bentuk dialog
§ Menggunakan
ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata
|
Mengungkapkan
berbagai tindak tutur:
§ Memberi
contoh melakukan sesuatu
§ Memberi
aba-aba
§ Memberi
petunjuk
|
·
Unjuk kerja
|
·
Performance
|
·
Act out the
dialogues in front of the class!
|
4 x
35 menit
|
·
Script percakap-an
·
Buku teks
·
Alat peraga
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
6.2 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi jasa/barang
secara berterima yang melibatkan tindak tutur: meminta bantuan, memberi
bantuan, meminta barang, dan memberi barang
|
Contoh:
A: Can I help you?
B: Yes, I want cabbage, please.
(Lihat BUKU KLS 3 HLM. 42)
|
§ Tanya jawab
yang berkaitan dengan materi
§ Meniru
pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan
§ Membahas
kosakata dan struktur percakapan sesuai materi
§ Latihan
percakapan dalam bentuk dialog
§ Menggunakan
ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata
|
Mengungkapkan
berbagai tindak tutur:
§ Meminta
bantuan
§ Memberi
bantuan
§ Meminta
barang
§ Memberi
barang
|
Tes
lisan
|
Pertanyaan
|
Answer the questions orally!
|
4 x
35 menit
|
·
Script percakapan
·
Buku teks berisi percakapan
·
Alat peraga
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
6.3 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi informasi
secara berterima yang melibatkan tindak tutur: memberi informasi, memberi
pendapat, dan meminta kejelasan
|
Contoh:
A: Can we park here?
B: Sure.
A: Excuse me, Sir.
Where can I
park my bicycle?
B: Over there.
A: Thank you.
A: What does Sasya
look like?
B: She is tall and
pretty.
|
§ Tanya jawab
yang berkaitan dengan materi
§ Meniru
pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan
§ Membahas
kosakata dan struktur percakapan sesuai materi
§ Latihan
percakapan dalam bentuk dialog
§ Menggunakan
ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata
|
Mengungkapkan
berbagai tindak tutur:
§ Memberi
informasi
§ Memberi
pendapat
§ Meminta
kejelasan
|
Tes
lisan
|
Performance
|
Act out the dialogues in front
of the class!
|
4 x
35 menit
|
·
Script percakapan
·
Buku teks berisi percakapan
·
Alat peraga
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
6.4 Mengungkapkan kesantunan secara berterima yang
melibatkan ungkapan: Do you mind... dan Shall we...
|
Contoh:
A: Do you mind giving me some
food?
B: Sure.
A: We cannot enter this door.
Shall we find another one?
B: Ok.
|
§ Tanya jawab
yang berkaitan dengan materi
§ Meniru
pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan
§ Membahas
kosakata dan struktur percakapan sesuai materi
§ Latihan
percakapan dalam bentuk dialog
§ Menggunakan
ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata
|
Mengungkapkan
kesantunan secara berterima yang melibatkan ungkapan:
§ Do you mind...
§ Shall we ...
|
Tes
lisan
|
Performance
|
Act out the dialogues in front
of the class!
|
4 x
35 menit
|
·
Script percakapan
·
Buku teks berisi percakapan
·
Alat peraga
|
v Karakter siswa yang diharapkan
: Dapat dipercaya (
Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect
)
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
|
Mengetahui,
Kepala SD ……………………
(_________________________)
NIP : .........................................
|
|
………………,………………………
Guru Bahasa Inggris
(_________________________)
NIP :
.........................................
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah :
_______________________
Kelas :
V (Lima)
Mata Pelajaran :
BAHASA INGGRIS
Semester :
2 (Dua)
Standar Kompetensi : Membaca
7. Memahami tulisan bahasa Inggris dan teks deskriptif bergambar sangat
sederhana dalam konteks sekolah
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
7.1 Membaca
nyaring dengan ucapan, tekanan, dan intonasi secara tepat dan berterima yang
melibatkan: kata, frasa, kalimat sangat sederhana, dan teks sangat sederhana
|
Ucapan, tekanan, dan
intonasi kata, frasa, kalimat, dan teks yang dipelajari
|
§ Mendengarkan
dan merespon hal-hal yang perlu diperhatikan dalam kegiatan membaca nyaring:
ucapan, tekanan, dan intonasi
§ Mendengarkan
contoh membaca nyaring yang dilakukan guru
§ Menirukan
membaca nyaring dengan intonasi dan jeda sesuai model
§ Membaca
nyaring sendiri dengan lafal, intonasi, dan jeda yang baik dan benar
|
§ Melafalkan
kata, frasa, dan kalimat dengan baik dan benar
§ Membaca
kata, frasa, dan kalimat dengan tekanan dan intonasi yang benar
§ Membaca
nyaring dengan baik dan benar
|
§ Tes unjuk
kerja
§ Observasi
|
§ Uji petik
membaca nyaring
§ Lembar
observasi
|
Read the expressions aloud.
Read the text loudly and
carefully.
|
2 x
35 menit
|
·
Buku teks
·
Alat peraga
|
7.2 Memahami
kalimat, pesan tertulis, dan teks dekriptif bergambar sangat sederhana secara
tepat dan berterima
|
·
Kalimat-kalimat sangat sederhana
·
Pesan tertulis sangat sederhana
·
Teks deskriptif bergambar sangat sederhana
|
§ Mengidentifikasi
informasi dalam kalimat-kalimat sangat sederhana
§ Mengidentifikasi
informasi yang terdapat dalam pesan tertulis sangat sederhana
§ Mengidentifikasi
teks deskriptif bergambar sangat sederhana
§ Tanya jawab
yang terkait dengan materi
|
§ Mengidentifikasi
berbagai informasi dalam kalimat-kalimat sangat sederhana
§ Mengidentifikasi
berbagai informasi dalam pesan tertulis sangat sederhana
§ Mengidentifikasi
teks deskriptif bergambar sangat sederhana
|
Tes
unjuk kerja
|
Tes
identifikasi informasi yang ada dalam kalimat-kalimat sangat sederhana dalam
teks
|
Read the text and put the words
in the box into the correct group according to the text.
|
2 x
35 menit
|
Buku
teks
|
v Karakter siswa yang diharapkan
: Dapat dipercaya (
Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect
)
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
|
Mengetahui,
Kepala SD ……………………
(_________________________)
NIP :
.........................................
|
|
………………,………………………
Guru Bahasa Inggris
(_________________________)
NIP :
.........................................
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah :
_______________________
Kelas :
V (Lima)
Mata Pelajaran :
BAHASA INGGRIS
Semester :
2 (Dua)
Standar Kompetensi : Menulis
8. Mengeja dan menyalin kalimat sederhana dalam konteks sekolah
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
8.1 Mengeja
kalimat sangat sederhana secara tepat dan berterima
|
Kalimat
bahasa Inggris sangat sederhana
|
Mengeja
kalimat bahasa Inggris sangat sederhana
|
Mengeja
kalimat bahasa Inggris dengan ejaan yang benar
|
Tes
tulis
|
Menyusun
kata-kata bahasa Inggris menjadi kalimat yang benar
|
Rearrange the words into good
sentences.
|
4 x
35 menit
|
·
Buku teks
·
Alat peraga
|
8.2 Menyalin
dan menulis kalimat sangat sederhana secara tepat dan berterima seperti:
ucapan selamat, ucapan terima kasih, dan ucapan simpati
|
Kalimat
bahasa Inggris sangat sederhana
|
Menyalin
dan menulis kalimat bahasa Inggris sangat sederhana
|
Menyalin
dan menulis kalimat bahasa Inggris sangat sederhana dengan benar
|
Tes
tulis
|
Menulis
kalimat sangat sederhana
|
Write the correct expressions.
|
4 x
35 menit
|
·
Buku teks
·
Alat peraga
|
v Karakter siswa yang diharapkan
: Dapat dipercaya (
Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect
)
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
|
Mengetahui,
Kepala SD ……………………
(_________________________)
NIP :
.........................................
|
|
………………,………………………
Guru Bahasa Inggris
(_________________________)
NIP :
.........................................
|
0 komentar:
Posting Komentar